AI in Healthcare Industry

Teknologi Artificial Intelligence juga turut berperan di sektor kesehatan, dimana AI memungkinkan profesional medis untuk tidak perlu menghafal banyak istilah di bidang medis. Pemanfaatan AI dapat mengurangi pekerjaan tim medis, paramedis dan peneliti kesehatan sehingga mereka bisa lebih memfokuskan energi dan mentalnya pada tugas-tugas kognitif tingkat tinggi dan perawatan pasien.

Penyedia layanan kesehatan bisa mengeksplorasi penerapan program AI misalnya untuk verifikasi asuransi, diagnosa kanker kulit, analisis hasil lab dan rekam medis. Beberapa contoh kemajuan AI di bidang kesehatan yang sudah dapat dirasakan manfaatnya antara lain operasi dengan bantuan robot, konsultasi medis secara online melalui aplikasi tertentu, dan otomatisasi tugas administratif.

Kemajuan medis dan teknologi selama 50 tahun terakhir telah memungkinkan kita untuk membawa perawatan kesehatan ke tingkat yang baru.

Aplikasi dan sistem AI memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dapat disangkal:

  • Peningkatan daya komputasi, yang mengarah pada pengumpulan dan pemrosesan data yang lebih cepat
  • Peningkatan volume dan ketersediaan data terkait kesehatan yang diperoleh dari perangkat pribadi dan medis dokter dan pasien
  • Peningkatan database pengurutan genom
  • Pengenalan catatan medis elektronik.