AI in Retail Industry

AI memiliki kemampuan untuk merevolusi industri ritel dengan membuat pengalaman belanja di web lebih mudah. AI memasarkan dan merekomendasikan produk kepada pelanggan berdasarkan histori belanja sebelumnya dan kebiasaan mereka dalam mencari produk.

Pebisnis ritel sadar bahwa layanan pelanggan yang baik adalah hal yang sangat vital untuk menentukan kesuksesan bisnis. Untuk itulah, sangat penting bagi pebisnis ritel memiliki layanan pelanggan yang efektif dan AI menjadi jawaban untuk permasalahan tersebut.

Toko offline juga banyak terbantu dengan adanya AI. Mungkin di kemudian hari ketika kita mengunjungi toko kita malah bertemu dengan robot bukannya dengan tenaga penjualan.

Pelanggan dapat bertanya apapun kepada robot tanpa harus merasa sungkan. Sebagai contoh ketika seseorang ingin mencari produk sabun cuci muka, orang tersebut dapat bertanya kepada robot tentang produk sabun cuci muka apa yang sesuai dengan tipe kulit orang tersebut dan menghemat banyak waktu. Sehingga, pelanggan tetap dapat merasakan pengalaman interaktif dengan pelayanan yang cepat.

Penerapan Artificial Intelligence di sektor ritel bisa diintegrasikan ke dalam sistem bisnis yang sudah ada, misalnya menjadi bagian dari aplikasi penjualan atau CRM, dipadukan dengan algoritma platform marketplace untuk pemetaan segmentasi pelanggan, sampai yang baru-baru ini banyak diunggulkan adalah layanan pembayaran.

Otomatisasi layanan pelanggan menggunakan chatbot juga merupakan hal yang lumrah, yang dianggap banyak memberikan keuntungan, salah satunya terkait kecepatan dalam pelayanan.

Selain itu, AI juga dimanfaatkan dalam sistem pembayaran dengan memasang sensor untuk mendeteksi barang yang diambil konsumen, lalu secara otomatis memotong saldo di aplikasi sebagai pembayarannya.